Enter your keyword

kagung13.blogspot.com | kagung13@gmail.com

Review Film, 5 cm

Sekilas aja saat lagi iseng dan hujan seperti ini enaknya mantengin laptop dan nulis-nulis apa aja yang ada di pikiran. Mulai dai yang gak jelas sampai suatu hal penting yang dapat merubah kehidupan umat manusia (cieeeeeee, lebeyebeye). Oke disini di Surabaya, 4 Maret 2014 jam 16:38 sedang hujan dan senang sekali rasanya dapat waktu lebih banyak mantengin laptop dan nulis-nulis gak jelas.

Yups, langsung saja kita bahas apa yang ada di pikiran saya. Sekarang saya sedang memikirkan tentang film yang kemaren belum lama tayang di TV tapi udah lama hilang dari peredaran bioskop. Ini film menurut saya film paling inspiratif setelah banyak film lain yang juga jadi inspirasi seperti laskar pelangi, 3 idiots, perahu kertas, dan masih banyak lagi. Oke udah pada banyak yang tahu kan kira kira kita mau bahas film apa? Siiiip, langsung aja ke TKP..

5 CM
Ini film spesial banget menurut saya. Selain inspiratif, film ini juga banyak banget maksud tersirat yang bikin semangat jadi membara, yang juga bikin ngakak di awal-awal seannya.. Hehehehe.. Langsung aja ke sinopsinya, marii... (ini sinopsis filmnya versi wikipedia)
Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.
Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan Cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.
Nah sekarang kita mulai aja bahas tentang apa sih yang dapat dipetik dari film ini. Sebenernya banyak, tapi saya ambil yang paling mengena aja dari semuanya. Inget gak pas akhir-akhir film seorang Zafran berkata,
"Kita semua percaya pada hal, sederhana tapi luar biasa, ada dalam setiap diri manusia bila ia meyakininya. Sebuah Impian. Setiap kamu punya mimpi, keinginan, atau cita-cita, taruh di sini didepan kening kamu, yang menempel, biarkan dia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu. Jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu, dan kamu bawa impian kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa, bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, apapun hambatannya kamu bilang pada diri kamu sendiri kalau kamu percaya pada impian kamu dan kamu tidak akan pernah menyerah. Belum pernah ada bukti-bukti nyata dalam angka yang bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan. Entah bagaimana keajaiban sebuah impian, persahabatan, cinta, dan keyakinan bisa membuat begitu banyak perbedaan di sekeliling kita bisa mengubah kehidupan manusia, belum pernah ada. Hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lainnya."
Saya kira itu kata-kata paling inspiratif sepanjang film ini. Dan mungkin semuanya juga paham apa yang dimaksud. Walaupun benar setiap orang punya cara tersendiri memaknai suatu hal. :-)

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)

Popular

Kurnia Agung Pamungkas a.k.a kagung13, Seorang blogger yang percaya bahwa menulis adalah cara terbaik mengabadikan moment dan pemikiran berharga dalam hidup.

Total Pageviews