Puncak Tugu Magir, Top Gunungkidul

Ketemu lagi dengan saya, jalan-jalan lagi, telusur kesana kemari lagi, menikmati dan mengenal alam sekitar kita. Masih di tempat yang sama, lokasi yang sama dengan Embung Sriten (lihat postingan "Embung Sriten on kagung13"), yaitu Puncak Tugu atau Puncak Tugu Magir. Lokasinya tepat di samping agak atas dari Embung Sriten. Lihat foto panorama yang diambil di Embung Sriten, itu diambil dari kawasan Puncak Tugu Mangir.
Puncak Tugu atau Puncak Tugu Mangir memiliki ketinggian 859 mdpl dan aksesnya tidak seperti gunung yang biasa didaki pendaki, tapi kita cukup berjalan kurang lebih 200 meter ke atas dari Embung Sriten. Dan lagi aksesnya dapat ditempuh denga kendaraan. Tetapi pastikan kendaraan dan semuanya dalam kondisi fit.

Puncak Tertinggi Gunungkidul atau Puncak Tugu Magir yang sewilayah dengan Embung Sriten terletak di Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, termasuk dalam zona Batur Agung wilayah utara, ini kemudian menegaskan sebutan Batara sebagai kependekan dari Batur Agung Utara.
 
Rute yang dapat ditempuh via Jogja Kota. Jogja » Jl. Wonosari-Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat petunjuk arah ke Embung Batara Srinten » Puncak Tertinggi Gunungkidul atau Puncak Tugu Magir.
Bisa dilihat, disana terlihat Embung Sriten atau Embung Batara Sriten yang letaknya bersebelahan dengan Puncak Tugu Magir ini. Jangan lupa jadikan destinasi Kalian saat berkunjung ke sini.

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)