Enter your keyword

kagung13.blogspot.com | kagung13@gmail.com

Puncak Hargo Dumilah 3.265 mdpl

Kalo udah kesini tapi belum baca artikel sebelumnya, baca dulu gih di
"Mt. Lawu 3265 mdpl".
Kita mulai lagi nih, setelah bermalam yang indah penuh dengan kedamaian di ketinggian 3000 mdpl lebih kala itu, sekarang perjuangan dimulai menuju 3265 mdpl, Puncak Lawu atau disebut Puncak Hargo Dumilah. Kami ber 11 waktu itu. 7 dari Team kami dan 4 dari kelompok lain yang ketemu bareng di awal tadi. Jam 04:04 kami memulai pendakian menuju puncak. Tidak jauh kami berjalan, POS V sudah terlihat. Jam 4:14 kami sampai di POS IV (Jolo Tundo : 3116 mdpl). 

Sayang sekali kami melewati track yang salah entah kemana kami menuju sisi lain dari puncak. Kompas dan peta udah dipergunakan tapi tetep kami kesulitan menemukan jalur. Akhirnya diputuskan daripada meraba-raba track yang menguras stamina, kami menunggu matahari terbit di sana, POS IV. Ada sebuah bukit kecil dimana kita bisa menikmati sunrise di sana. Cuantik meen.
Matahari 18 Agustus. Terima Kasih Ya Allah atas rahmatmu ini. Semoga sunrise lain dapat kami dapati di ketinggian yang lain pula. Aamiin.

Nah, karena keenakan lihat sunrise, tahu-tahu udah terang aja, next, kita kembali ke track. Kita menuju Sendang Drajat, Mampir Hargo Dalem, dan Puncak Hargo Dumilah. Sampai di Sendang Drajat sekitar jam 06:03. Sebuah mata air dengan keputren (kata orang setempat) di sebelahnya.
 Nah disini kelompok mulai pecah. Bukan apa-apa maksudnya kami membagi diri menikmati indahnya lereng puncak masing-masing. Karena track sudah sangat jelas jadi kebebasan masing-masing. Kita ketemu di Puncak. Nah, Ini sisa kami ber-4, Rendy, Wulan, Cak A'an, Saya menjadi yang terakhir ke Puncak karena kami mampir Hargo Dalem terlebih dahulu. Sedang rombongan 4 orang dari Jakarta udah naik, disusul Rakom, Cak Haris, sama Arif.
Warung makan Mbok Yem. Ini warung makan tertinggi mungkin. :) Nah, pas kesana ternyata masih tutup. Asiiik, nahan sarapan. Ya sudah, sejenak menikmati alam di sna dan langsung mampir ke Hargo Dalem. Ada di atasnya warung Mbok Yem ini.
Ini dia Hargo Dalem. "Hargo Dalem adalah salah satu puncak gunung Lawu di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Disanalah dimulainya kisah melegenda Prabu Brawijaya V yang muksa secara misterius. Kisah tersebut dimulai pada akhir zaman Kerajaan Majapahit, 1400 Masehi. Pada masa pasang surutnya Kerajaan Majapahit, yang bertahta sebagai Raja adalah Sinuhun Bumi Nata Brawijaya Ingkang Jumeneng Kaping 5 ( pamungkas )." Nah, itu kutipan dari beberapa artikel yang saya baca tentang Hargo Dalem.
 Next beneran ke Puncak Hargodumilah. Ini dia bener-bener yang namanya Puncak. Jalanya kueeeeeren nantang abis bro. Pengalaman pertama nih. Asik, tancap broooo.  
Daaaaaan, taraaaaaa. 07:20, Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl. Di atas puncak ada monumen triangulasi, dan beberapa atribut untuk berfoto. Ini dia oleh-oleh paling berkesan. Kemana pun kita, tujuan kita adalah puncak. Puncak dalam artian yang sebenarnya ataupun dalam artian yang tersirat (Ah, artiin sendiri, OK broooo?)  
Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl Mt. Lawu, 18 Agustus 2015. Saya memang anak gunung. Saya besar di gunung. Iya, Gunungkidul, Hidden paradisenya Jogja. Dan saya bangga bisa berkunjung ke tetangga sesama Gunung dengan ketinggian yang berbeda dan bahkan jauh di ata. (Hehehehehe).

Hari itu, hari dimana kami berdiri di atas bumi, tetapi begitu dekat dengan langit, begitu dekat dengan Sang Pencipta. Bersama-sama menemukan teman baru, berjuang bersama. Terima Kasih teman-teman. Ya, teman-teman saya yang berada di rumah yang selalu memperhatikan saya dalam diam. Terima Kasih memberi ruang untuk saya sejenak menikmati sisi lain kehidupan. Terima Kasih atas semua dukungan kalian dalam diam. TERIMA KASIH.

Dan untuk kalian men. Kita bertujuh sudah pantas disebut menantang dunia brooo? Hahaha, belum lah. Tapi alhamdulillah dengan keyakinan kita ber-7 sampai juga ke puncak dengan selamat. Next 3676 mdpl guys? Hahahahaha. Terima Kasih buat kalian juga yang telah bersama sampai ke Puncak, Terima Kasih membawa pengalaman pertama saya sungguh bermakna, dan Terima Kasih untuk semuanya.

Gak lupa juga buat Mas Arif, Ridwan, Ikha, dan Lutfi. Dapet temen lain itu menyenangkan. Oh iya mas Arif, kalo baca, aku sebenernya anak Depok juga mas. Aku lahir di Sukmajaya, Depok. Cuma besar di Jogja. :) Salam buat semua. Dan Terima Kasih. :)

Alhamdulillah Ya Allah, Tuhan Semesta Alam atas moment indah ini. Terima Kasih memberikanku kebahagiaan diantara cobaan, dan cobaan diantara kebahagiaan sebagai tempat untuk saya belajar. Terima kasih, atas kesempatan dan keindahan yang masih Kau izinkan untuk aku melihatnya, Semoga keindahan lain dapat kutemui di kemudian hari dengan seizinmu Ya Allah.

Balik lagi men, mengheningkan ciptanya cukup ya, Hehehe. Eh kelupaan Terima Kasih juga buat Ibuk tercinta. Karena sebelum berangkat restu Beliau yang ngikutin kita, makanya yang tadinya ganjil, jadi genap. :)

Okesip, ketemu lagi di cerita yang lain, Next 3676 mdpl bro. OK? :)
Cc : Rendy, Wulan, Cak A'an, Cak Haris, Rakom, Arif.
Bcc : Mas Arif, Ridwan, Ikha, Lutfi.
BIG THANKS. HUUUUUUUUUUUUUUUU. :)

Catatan : Videonya segera rilis men, sabar ditunggu ya! Masih proses editing ngerapiin wajah-wajah keren eksotis kalian. Heheheh.. (noyug, brooo). Bekerjasama dengan youtube Insya Allah. Hahahaha.

Mt. Lawu - 3.265 Mdpl (Slide Show)

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)

Popular

Kurnia Agung Pamungkas a.k.a kagung13, Seorang blogger yang percaya bahwa menulis adalah cara terbaik mengabadikan moment dan pemikiran berharga dalam hidup.

Total Pageviews