Enter your keyword

kagung13.blogspot.com | kagung13@gmail.com

Mt. Lawu - 3.265 Mdpl

Hai guys, pa kabar hari ini? Gimana euforia 117 Agustus disana? Keren juga kan? :). Ketemu lagi sama saya, jalan-jalan lagi, eksplore sana sini lagi, kenalan sama alam indah ciptaan Tuhan ini. Yip 17 Agustus moment peringatan kemerdekanan negara tercinta kita NKRI. Indonesia ini surga men. Gak percaya? LIhat nih!
Gimana? Keren kan? Ini baru satu bro, masih ada ratusan spot keren di alam kita ini, Indonesia. Oke, langsung saja, saya mau share nih pengalaman pertama saya muncak. Cie, muncak men! Saya rasa saya ini udah keracunan film 5 cm sejak pertama lihat 2 tahun yang lalu. Tiap lihat foto temen-temen pada muncak rasanya kaki ini harus melangkah gak karuan. Nah ya selama ini alhasil ngeksplor 0 mdpl atau bukit-bukit, air terjun dan spot keren lainnya (baca artikel jalan-jalan lain saya). Nah alhamdulillah bisa juga muncak akhirnya hari itu, saya, kami bertujuh berdiri di atas bumi tapi dekat sekali dengan langit, dekat dengan Sang Pencipta. :)

Prepare dimula dari fixsasi personil. Yang semula 6 orang genap, karena saya datang, jadilah 7. Hahahaha, saya ini emang jadi sorotan kayaknya beberapa waktu ini, mendadak terkenal bagi khalayak nih. Haha. Semua sebagian ragu saat personil mengerucut menjadi 7 orang. Semula saya juga gak tahu kenapa sih kalau bertujuh? Jawabanya mitos. Pernah denger kalau jangan mendaki dengan formasi ganjil. Katanya bakalan ada yang menggenapkan kelompok kita gitu. Apalagi kalau bukan makhluk astral. Awalnya sih sedikit terhasut, apalagi saya yang baru pertama muncak. Tapi menuju H-3, kami yakin bahwa tak apalah bertujuh naik. (Kalau saya sih, 7 itu bagus lho ya, Allah aja suka bilangan ganjil, surga aja ada 7, ganjil kan? Ini alam yang mau kita datengin kan punyanya Allah, jadi yakin aja).

Next menuju hari H dengan formasi bertuju kami berangkat. Rendi, Wulan, Arif, Haris, A'an, Rakom, dan saya, pemula super tangguh, Agung. Hahahaha.Kami memulai start dari Surabaya, terminal bus Bungurasih. Kami berangkat jam 01:00 dengan bus Sumber Selamat. (Patas bro, yang lain pada gak bisa tidur, Si Rakom katanya senam jantung. Haha). Kita turun di Terminal Maospati, saat ini pukul 03:23 dan langsung menuju pintu masuk pendakian Cemoro Sewu dengan biaya Rp 35.000 sampai disana dengan selamat pukul 04:35. Kami sholat subuh terlebih dahulu kemudian sarapan, prepare semua yang dibutuhin dan let's go. Berdoa, Bismillah dan kamu memulainya pukul 05:30.
Kenalan dulu guys, mulai dari kanan bawah ya, Arif, Cak A'an, Rendy, Wulan. Mulai dari kanan atas, Imam, Agung, Cah Haris. Ini perjalana dari BaseCamp ke POS I.
Nah, dengan berjuangan dan adaptasi, akhirnya sampai juga di POS I (Wesen Wesen : 2163 mdpl) jam 06:54. Kita lanjut perjalanan menuju POS II. Nah, perjalanan dari POS I ke POS II ini adalah track yang paling jauh. Dan inget men, jalur Cemoro Sewu ini mulai start udah ditantang buat nanjak lho ya, jadi jangan kaget. Bener-bener siapin fisik yang mantap.
Di sini kita ketemu sama pendaki lain, mereka ber-empat, Mas Arif (Depok), Ridwan, Ikha, dan Lutfi. Akhirnya kita naik sama-sama. Walaupun kadang pisah di beberapa POS, tapi nanti di Puncak tetep foto bareng. Hehehe. Next, sampe di watu jago, 2659 mdpl. Liat gambar langsung men!   

Next, jalan lagi sampil lihat view keren, nikmatin aja bro, asik kok. Dan akhirnya sampai di POS II (Watu Gedheg : 2579 mdpl) Sampai Pos ini ada warung yang bisa dibuat jajan kalau udah capek bro. 

Next track to the POS III. Di sini jalan mulai full nanjak dan ekstrim. Kalo saya sih nyebutnya enggak ekstrim, tapi asik, keren, dan menantang banget. Oke, kita lanjut jalan men, ke POS III. 
     
Nah, ini track ke POS III dan beberapa view yang bisa tertangkap kamera. Boro-boro mau nyari view keren bro. Tas carier di pundak itu aja plus track yang bisa dibilang nantang banget (ngajak gelut :)) udah bikin ngos-ngosan. Hehehe, tapi tetep, demi dokumentasi. Dan ini but hadiah kalian yang kurang percaya betapa asyiknya muncak, Buktiin sendiri men!
Akhirnya sampai di POS III (Watu Gede : 2800 mdpl) jan 11.11. Istirahat full men disini. Semua pada tidur. Nah, karena pas 17 Agustus kami mulai muncak, di sana ruame banget orang men. Yang turun apalagi seabrek. Jadi kami berbagi track sempit sama pendaki yang turun.

Beneran rame kan. Nah, ini selanjutnya kita jalan ke POS IV. Ini track keren abis brooo, kalo kalian udah nemiun pegangan jalan dari besi, berarti udah deket ke POS IV. Deket? Yah, sesuai penilaian masing-masing sih. Hahaha. Next, see the picture guys! 
  
Wuis, disini kumelnya udah gak karuan men. Lihat aja. Eits tapi cuma 2 orang. Yang 5 kemana? Hehe, yang 5 di belakang ini masih pada ngaso. Karena saya sama Arif bawa carier besar, capek kalo istirahat dikitdikit, soalnya buat berdiri itu butuh tenaga ekstra. Jadi kami berdua mutusin duluan berdua dan membawa tenda dan logistik terlebih dahulu ke atas.

Sampailah di POS IV (Watu Kapur) jam 13.51. Nah, nungguin ber 5 di bawah kami tidur, cukup lama sekitar 30 menitan. Nah udah cukup istirahat kita naik lagi sedikit, dan nge-camp di area antara POS IV dan POS V.

17 Agustus 2015. Saya Agung, bersama teman-teman Rakom dan Arif mengibarkan Sang Saka Merah Putih dari ketinggian 3000 mdpl lebih sore itu. Menuju senja mengingatkan diri bahwa negeri ini indah, Berkah dan Rahmat Allah SWT lah semua keindahan dan anugrah ini. Semoga kami dapat menjaganya, dan semoga kami dapat mengibarkan Sang Saka ini sekaligus mensyukuri nikmatNya di ketinggian yang lain. Aamiin.

Dan gak kalah keren, momen sunrise. Beruntung bisa lihat sebentar. Karena badan sudah capek, begitu matahari terbenam, kami langsung istirahat. Makan tadi udah setelah tenda berdiri. Next, buat besok ke Puncak Hargodumilah.  

Next kita berangkat besoknya ke Puncak jam 04.00 yan. Lihat betapa kerenya Puncak dan perjuangan untuk sampai ke sana di artikel selanjutnya :
"Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl" :)

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)

Popular

Kurnia Agung Pamungkas a.k.a kagung13, Seorang blogger yang percaya bahwa menulis adalah cara terbaik mengabadikan moment dan pemikiran berharga dalam hidup.

Total Pageviews