Enter your keyword

kagung13.blogspot.com | kagung13@gmail.com

Prasangka dalam Kereta

Bukan karena kita tau lebih, kita seenaknya memandang rendah orang lain. Bukan karena kita lebih sering berkumpul bersama, kita mengucilkan mereka yang minoritas. Dan bukan karena kita lebih dihormati kita menganggap orang lain lebih hina. Yah, realita kadang sekonyol itu. Banyak diantara kita tanpa sadar melakukan tindakan meremehkan orang lain hanya berdasar prasangka yaitu hanya dari apa yang mereka lihat kepada orang tersebut.

Ada sebuah cerita dimana seorang eksekutif muda sedang naik kereta. Yang janggal adalah, seorang eksekutif naik kereta kelas ekonomi. Sontak seisi kereta heran dengan pandangan negatif terhadapnya. Sebagian bilang  si eksekutif muda itu norak, dengan naik kereta kelas ekonomi yang dianggap sebagai salah satu upaya pamer. Yang lainnya mengira dia sok-sok an naik kereta kelas ekonomi padahal mampu naik kelas eksekutif. Seisi kereta berpandangan negatif terhadap eksekutif muda tersebut. Karena itulah yang terlihat saat itu oleh mata kepala mereka. Bukan apa yang sebenarnya dan asal mula keadaan tersebut. Sedangkan kejadian sebenarnya yang terjadi adalah si eksekutif muda sebenarnya telah memesan tiket kelas eksekutif, saat akan naik kereta dia melihat seorang nenek renta memiliki tiket kelas ekonomi yang berdesak2an di dalamnya. Akhirnya si eksekutif muda tersebut menukarkan tiketnya agar si nenek tua tersebut mendapatkan kereta yang lebih nyaman. Dan itulah sebab kenapa si eksekutif muda tersebut bisa malah menaiki kereta kelas ekonomi padahal dia mampu membeli tiket dengan fasilitas yang lebih baik.
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-car kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]
Referensi dari beberapa sumber.
kagung13, 2016

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)

Popular

Kurnia Agung Pamungkas a.k.a kagung13, Seorang blogger yang percaya bahwa menulis adalah cara terbaik mengabadikan moment dan pemikiran berharga dalam hidup.

Total Pageviews