Pasir yang Luas, Mereka Menyebutnya Wediombo

Wediombo, Sebuah pantai yang letaknya agak menyimpang dari deretan Pantai di Gunungkidul ini memiliki kontur yang unik. Pasir putih dengan bibir pantainya yang luas, mungkin bisa seluas Parangtritis yang terkenal luas. Mungkin bedanya jika Parangtritis luasnya terbentang lurus, kalau ini terbentang berliku. Nah untuk tahu maksudnya terbentang berliku, bisa deh main-main langsung kesini. Panti langsung ketemu deh jawabannya.
Balik ke "Wediombo". kata wediombo terdiri dari 2 penggalan kata yaitu wedi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas. Nah dilihat dari namanya udah keliatan kenapa saya bilang pantai ini luasnya bisa disejajarin sama Parangtritis.  Pemandangan Pantai yang luas terbentang berliku dengan hamparan karang yang besar yang banyak di sepanjang bibir pantainya, akan sangat indah jika ditemani sunset sore harinya.

Kultur dan Kepercayaan

Seperti halnya masyarakat perdesaan yang memiliki tradisi mengucap syukur setelah panen, di Pantai Wediombo ini juga terdapat upacara adat tersebut yang dikenal dengan nama Ngalangi. Upacara ini digelar setahun sekali oleh penduduk setempat sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen yang melimpah serta untuk memohon rejeki yang lebih di tahun-tahun mendatang. Panen yang dimaksud bisa berupa panen hasil tangkapan laut maupun panen hasil ladang.
Prosesi upacara akan diawali dengan merentangkan gawar (jaring dari pohon wawar) saat air pasang dari bukit Kedongkowok hingga wilayah pasang surut pantai. Setelah air surut, warga akan menangkap ikan-ikan yang terjebak di gawar dan memasak ikan tersebut. Kemudian akan dilakukan kenduri besar berupa makan bersama seluruh warga. Sebagian kecil ikan tangkapan tersebut akan dilarung ke lautan bersama tumpeng dan sesaji lainnya.
(http://www.njogja.co.id/)

Akses dan Lokasi

Pantai Wediombo ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Kalau kebanyakan orang tahu letak Girisubo - Saptosari (Letak kebanyakan pantai di Gunungkidul) adalah lumayan jauh. Nah, jika megunjungi Pantai ini bisa sepaket dengan Pantai Siung, Nglambor, Watulumbung, Ngentun, dan Pantai baru lainnya karena bisa langsung mengambil jalur akses Semanu - Cuwelo - Tepus. Jika kebanyakan jalur umum yaitu dari pusat kota Wonosari mengambil jalur ke selatan menuju Karangrejek - Mulo kemudian terus ke timur yang akhirnya bisa juga sampai ke Pantai Wediombo ini. Tetapi aksesnya sangat jauh, Nah jika melewati semanu, dari Pusat kota Wonosari kita mengambil arah timur langsung menuju Semanu - Cuwelo - Tepus yang kemudian sampai menuju Girisubo. Nanti ada sebuah persimpangan jalan jika ke selatan menuju pantai Indrayanti, Pok Tunggal, Drini, Kukup, dsb. Nah kita ambil lurus maka ketemulai Pantai-pantai sepaket sana Wediombo ini.

Pantai Wediombo ini memiliki banyak sekali pepohonan di daerah sekitar pantainya sehingga kesan hijau, sepi, dan sejuknya sangat terasa. Ditambah pemandangan sunset yang sangat indah. Tempat yang nyaman juga untuk memancing karena banyak karang yang dapat dignakan untuk duduk-duduk ria memancing dan menikmati keindahan pantai ini.

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)