Tanah Lotnya Gunungkidul, Pulau Jumino Pantai Kukup

Pantai Kukup, beberapa orang menyebutnya Tanah Lotnya Jogja. Kalau saya sih cenderung lebih seneng bilang Tanah Lotnya Gunungkidul (Ya karena saya sedang membahas Pantai Gunungkidul, biar nyambung aja). Seperti Tanah Lotnya Jawa Timur yangdipegang Pantai Balekambang yang berada di kota Malang, Jawa Timur beberapa juga menyebutnya Tanah Lotnya Malang, Jadi pada bahasan ini kita sebut Tanah Lotnya Gunungkidul, atau Tanah Lotnya jogja deh gak papa, whatever you want. :)
Bicara Tanah Lot identik dengan pulau kecil ditengah laut yang tak jauh dari bibir pantai. Selaras dengan di Pantai Kukup ini. Terdapat sebuah Pulau yang berada agak di tengah laut tetapi tak jauh dari bibir pantai. Dihubungkan dengan sebuah jembatan sehingga mirip sekali dengna Tanah Lot yang ada di Bali. Pulau inilah yang disebut Pulau Jumino. Sebuah Pulau karang yang menjadi sot keren untuk melihat pantai juga sunset. Tempat yang nyaman juga untuk beristirahat dan duduk santai menikmati pantai, angin beserta ombaknya.

Lokasi dan Akses

Oke, move on dari bahasan tanah lot, sedikit kita eksplore Pantai Kukup ini. Mulai dari aksesnya, untuk menuju Pantai Kukup ini cukup mengikuti arah plang menuju Kabupaten Gunungkidul dari Pusat Kota Jogjakarta. Sesampainya di Kota Wonosari, yaitu Ibu kota kabupaten Gunugkidul, ikuti lagi plakat menuju arah Selatan melewati desa Karangrejek, Mulo, kemudian tinggal lurus mengikuti plakat melewati daerah hutan hingga bertemu gardu intu masuk pantai Gunungkidul. Perjalanan dari pusat kota Wonosari kurang lebih 30 - 45 menit terantung ramai tidaknya karena jalanan hutan yang masih terbilang sempit walaupun akses jalannya sudah sangat nyaman (aspal). Masuk Gardu pos langsng sangat jelas tertera patai-pantai yangbisa dikunjungi di lakat sepanjang perjalanan. Jarak per pantai paling 5 menit saja.

Exploring Pantai Kukup

Oke setelah berhasil masuk di kawasan pantai Kukup, kita bisa liat menuju bibir pantai akan banyak pedagang yang berjualan souvenir dan makanan khas. Nahdi sekitar sini juga erdapat homestay yang bisa digunakan untuk acara menginap ataupun outbond. Nah dari jalan ini, saat menginjakan kaki di pasir, terlihat sebelah kiri depan kita sebuah tebing karang dengan akses tangga dan jembata. Nah itu dia Pulau Jumino yang kita sebut Tanah Lotnya Gunungkidul tadi.

Nah seperti di pantai kebanyakan, pasir, ombak, air dan angin lah hal-hal yang akan sangat berhubungan erat. Tak lupa kamera dan pose-pose cantik dengna background yang cantik pula tentu menjadi incaran setiap orang. Tak terkecuali saya dan temen-temen sekalian tentunya. Nah langsung saja bisa dinikmati sebagian capture foto Pantai Kukup dengan kamera handphone jadul saya. Untuk kenikmatan yang lebih nikmat, tentunya sangat dianjurkan untuk datang langsung ke Pantai Kukup ini,sekalian menikmati sunset dan sensasi menginap di homestaynya atau alternatif camp dengan menyewa tenda tentunya. Atau juga yang lebin menantang, tidur dengan alas matras dan sebuah selimut di pasir pantai (tapi itu sangat tidak disarankan).

Pantai Kukup On Frame


2 comments:

Your comment is my spirit for writing. :)