Indonesia Invisible Money untuk Smart Money Wave (Gerakan Nasional Non Tunai)


E-Commerce merupakan salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi dan internet. Bagaimana tidak, di Indonesia pada tahun 2013 saja menurut data statistik dari Menkominfo, menyebukan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai 130 triliun rupiah.
Ini merupakan angka yang sangat fantastis mengingat bahwa hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja secara online, ini berdasarkan data dari McKinsey. Dibandingkan dengan China yang sudah mencapai 30%, Indonesia memang masih tertinggal jauh, tapi perlu anda ingat bahwa jumlah ini akan terus naik seiring dengan bertumbuhnya penggunaan smartphone, penetrasi internet di Indonesia, penggunaan kartu debit dan kredit, dan tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja secara online. Jika kita melihat Indonesia sebagai Negara kepulauan yang sangat luas, e-commerce adalah pasar yang berpotensi tumbuh sangat besar di Indonesia.
Dikutip dari :  https://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/
Itu kutipan artikel di tahun 2013, 3 tahun yang lalu ketika bisnis e-commerce masil mulai menggeliat. Bandingkan dengan sekarang, transaksi online dimana-mana, bisnis online shop misalnya, bukan lagi hal yang sulit baik bagi penjual dan pembeli. Semuanya merupakan proses transaksi keuangan yang tentu saja menggunakan uang asli yang diakui di Indonesia ini, yaitu rupiah. Lalu dimana mereka melakukan pertukaran uang dan barang seperti kita tahu jual beli adalah proses tukar menukar barang dengan mata uang yang berlaku di suatu wilayah. Berbeda dengan barter, pertukaran antara barang dan barang.

Jawabannya adalah ini, GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). Lalu, apa hubungannya?

GERAKAN NASIONAL NON TUNAI (GNNT)


GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) atau Smart Money Wave bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis, serta lembaga keuangan pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan agar lebih mudah, aman, dan efisien. Beberapa transaksi non tunai yang bisa ditemukan diantaranya adalah :
  • Transaksi melalui internet banking.
  • SMS banking
  • Mobile banking
  • Automated teller machine (ATM)
  • Kartu kredit & kartu debet
  • Transaksi melalui Mesin EDC
Program ini dicetuskan oleh Bank Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2014 lalu. Pengadaan perencanaan ini telah ditandatangani oleh Bank Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, pemerintah daerah, dan asosiasi pemerintahan provinsi seluruh Indonesia sebagai komitmen untuk mendukung kemajuan transaksi non tunai di Indonesia. Pemerintah melalui Menko Perekonomian waktu itu juga memberikan sambutan yang salah satu butir isinya yaitu, "Ciri negara maju adalah terbatasnya penggunaan uang tunai dalam transaksi sehari-hari (Less Cash Society)."

Jadi dalam sebuah kasus online shop misalnya, merupakan salah satu contoh sistem yang mendukung adanya GNNT ini, yaitu melakukan pembayaran transaksi jual beli secara online bisa melalui internet banking, transaksi atm, m-bangking atau sms banking, tergantung mana yang akan kita pilih. Barangnya sih datang, secara real, tapi pembayarannya yang bisa kita sebut invisible.

Selanjutnya Invisible Money, Indonesia Invisible Money.
Invisible berarti tak terlihat, sederhananya Invisible Money adalah uang tak terlihat. Kembali lagi ke GNNT dan ilustrasi sederhana diatas. Transaksi ini sesuai ketentuan, barangnya ada, uangnya juga ada. Barangnya real datang ke pembeli, sedangkan uangnya, ada juga, hanya tak terlihat. Si pembeli melakukan transaksi non tunai entah melalui internet banking, transaksi atm, m-bangking atau sms banking yang mengirimkan uang ke Si penjual. Nah uang dalam kasus inilah yang disebut Invisible Money.

Invisible Money hanyalah kata lain untuk menggambarkan sebuah transaksi non tunai. Kenapa harus invisible, kenapa transaksinya harus non tuai? Kenapa tidak berbentuk uang saja, toh BI juga sudah mencetakan uang untuk alat jual beli yang sah?

Pertanyaan tersebut akan menjawab kenapa perlu digencarkannya GNNT itu sendiri. Mengapa BI mencanangkan program GNNT ini.

MANFAAT DAN TUJUAN GERAKAN NASIONAL NON TUNAI (GNNT)

Transaksi Non Tunai Lebih Aman dan Praktis

Aman memiliki sudut pandang yang berbeda untuk sebagian orang, Untuk kasus transaksi non tunai, bisa dibilang lebih aman karena uang itu sendiri tak terlihat sehingga jauh dari incara para penjahat. Bayangkan jika uang yang kita transaksikan bernilai puluhan juta, melalui transaksi non tunai, transfer melalui atm misalnya kita tak perlu membawa uang puluhan juta secara cash ke tujuan. Hal itu tentu mengurangi resiko tindak kejahatan terhadap kita. Dari segi kepraktisan tentu saja untuk mengirimkan uang puluhan juta kita hanya perlu membawa satu kartu debit kecil saja, tidak memakan tempat, dan jauh dari jangkauan intaian kriminal. Lebih praktis

Transparasi Transaksi

Melalui transaksi non tunai, segala bentuk transaksi uang akan dicatan oleh sistem yang digunakan, terpantau dengan baik dan rapi. Hal ini menjadikan transaksi non tunai lebih transparan dan dapat di kroscek data kebenarannya melalui sistem. Pihak-pihak yang bersangkutan hanya perlu memastikan sistem berjalan dengan biak dan benar. Berbeda dengan transaksi tunai. Transaksi ini syarat akan kecurangan manipulasi. Jadi uang yang kita transaksikan nilainya bisa lebih karena tidak tercatat pada sistem, adapun jika dicatat pada sistem itu dilakukan secara manual setelah uang berpindah tangan.

Perencanaan Ekonomi yang Lebih Akurat

Karena seluruh transaksi dicatat oleh sistem, hal ini secara signifikan akan meningkatkan perencanaan ekonomi yang lebih akurat karena data yang didapat sebagai contoh melalui instrumen kartu kedit dan debit tercatat seluruhnya oleh sistem. Ini akan mengurangi penggunaan uang secara ilegal yang berdampak pada keakuratan transaksi keuangan dan perencanaan ekonomi.

Diprediksi Menghemat Uang Negara

Saat ini GNNT telah mencapai total sekitar 1,2 juta orang yang telah menggunakan transaksi non tunai melalui kartu kredit, kartu ektronik dan sejenisnya. Harapannya pada 2024 sekitar 25 persen dari total jumlah penduduk Indonesia telah familiar dengan transaksi non tunai karena akan menghemat uang negara. Bank Indonesia menyatakan bahwa GNNT diprediksi dapat menghemat anggaran pemerintah dalam mencetak uang kartal dan dengan adanya GNNT maka pertumbuhan uangnya akan semakin melambat sehingga pasti menghemat jumlah uang atau jumlah berapa miliar yang akan dicetak di Peruri. Pertumbuhan uang kartal mencapai sekitar 18 persen jika dibandingkan tahun lalu. Namun kalau tidak ada GNNT mungkin angkanya bisa lebih dari itu. Apabila tidak ada GNNT, kemungkinan pertumbuhan kebutuhan uang kartal akan lebih tinggi dan begitu pula sebaliknya apabila ada GNNT, kemungkinan pertumbuhan kebutuhan uang kartal akan melambat.

OPINI

Meskipun transaksi non tunai memiliki banyak manfaat, namun tingkat kepercayaan pengguna dan masyarakat terhadap transaksi non tunai relatif masih kecil. Kepercayaan masyarakat terhadap transaksi tunai masih lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh masyarakat awam yang menganggap cara semacam ini lebih rumit karena kebiasaan mereka menggunakan transaksi tunai. Maka dari itu sasaran GNNT ini adalah anak muda dengan pemikirannya yang visioner, berfikir kedepan dan pro terhadap perubahan yang membangun sehingga dapat sejalan dengan apa yang negara kita, melalui pemerintah tuju demi kepentingan dan kenyamanan bersama.

Hal lain yang perlu juga menjadi PR besar berkaitan dengan penggunaan dan perkembangan teknologi informasi dan dukunngan sistem serta jaringan yang memadahi. Titik beratnya ada pada sistem dan jaringan. Jangkauan jaringan untuk transaksi non tunai masih perlu di tingkatkan terlebih di daerah pelosok. Sejalan dengan perkembangan smartphone dan teknologi informasi yang selama 2 tahun terakhir ini semakin masif, sosialisasi terhadap gerakan ini pun perlu dilakukan. Kembali lagi dengan sasaran daerah-daerah pelosok yang diiringi dengan pembangunan sistem dan jaringan yang memadahi.
Jadi titik beratnya ada pada pematangan sistem dan jaringan. Lalu diikuti dengan sosialisasi terhadap gerakan ini, melalui media ataupun face to face. Harapannya sesegera mungki program ini dapat segera terealisasi secara merata di Indonesia dimana manfaatnya bisa dirasakan oleh kita semua. Kemudahan, kenyamanan, efisiensi, transparasi, semua yang diharapkan dari sistem ini akan terbangun dan tersusun rapi melalui dukungan masyarakat juga kerja keras pemerintah dan pihak-pihak terkait. Sehingga akan terciptanya Invisible Money, Less Cash Society yang menuju pada Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  3. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com))atau melalui dia
    BBM INVITE:{D8980E0B}

    ReplyDelete
  4. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete
  5. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B}

    ReplyDelete

Your comment is my spirit for writing. :)