Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2016

Piknik Dadakan Jaddih Madura

Latepost banget, setahun yang lalu, Maret 2015. Ketika Jaddih belum seterkenal sekarang, ketika Jaddih belum seeksotik sekarang, dan ketika Jaddih belum ditutup sementara seperti sekarang (Info penutupan : tribunnews).


Madura, saat pertama kali saya menginjakan kaki di Pulau yang berada di sebelah timur laut Jawa Timur ini untuk menikmati beberapa wisata alamnya atau bisa dibilang sekedar lari sejenak dari yang tadinya tidak punya kegiatan kemudian mencari-cari kegiatan. Saat itu pagi dengan tak ada satupun kegiatan. Sayang sekali jika satu hari saja terlewatkan tanpa ada kegiatan bagi saya, langsung saja menghubungi beberapa kolega dan entak bagaimana kejadianya pun saya lupa hingga tercetuslah "Madura", sehingga saya menyebutnya piknik dadakan.

Akses dan Lokasi

Tak membuang waktu saat itu tengah hari kami sudah menyebrang ke Pulau Madura dan sampai di wilayah Bangkalan. FYI : Akses dari Surabaya ke Madura bisa melewati jalur darat melewati jembatan Suramadu. Lama perjalanan…

Pantai Payung Teduh, Pok Tunggal

Kenapa saya bilang Pantai Payung Teduh? Nih coba bandingin :

Nah udah jelas kan? Review dikit nih, Payung Teduh itu kelomok musik beraliran jazz (kalo gak salah) dengan lagu-lagunya yang easy listen, syahdu tapi asyik. Komposisi kelompok sama konsep mangunggnya ngingetin saya tiap kali tampil ngisi acara teater jaman sekolah dulu. "Jan nostalgi(L)a". Langsung check aja di google (key : Payung Teduh).

Skip ngomongin Payung Teduh, kita balik ke Pok Tunggal. Nah Pantai ini tergolong baru nih, jadi masih bagus. Baru beberapa bulan lalu saya tahu statusnya baru. Paling sekarang udah familiar banget. Kalu review pantainya sih bagus, keren, mau guling-guling juga bisa karena pantainya tergolong luas. Pasirnya juga bagus dengan sedikit karang, artinya dari pasir langsung ke air gak lewat karang.


Pantai ini diapit 2 bukit, di sebelah barat bernama Bukit Pok Tungga Asri dan sebelah timur Bukit Pojong. Kedua bukit ini juga dikembangkan menjadi tepat wisata. Kita bisa naik dan melihat p…

Pasir yang Luas, Mereka Menyebutnya Wediombo

Wediombo, Sebuah pantai yang letaknya agak menyimpang dari deretan Pantai di Gunungkidul ini memiliki kontur yang unik. Pasir putih dengan bibir pantainya yang luas, mungkin bisa seluas Parangtritis yang terkenal luas. Mungkin bedanya jika Parangtritis luasnya terbentang lurus, kalau ini terbentang berliku. Nah untuk tahu maksudnya terbentang berliku, bisa deh main-main langsung kesini. Panti langsung ketemu deh jawabannya.

Balik ke "Wediombo". kata wediombo terdiri dari 2 penggalan kata yaitu wedi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas. Nah dilihat dari namanya udah keliatan kenapa saya bilang pantai ini luasnya bisa disejajarin sama Parangtritis.  Pemandangan Pantai yang luas terbentang berliku dengan hamparan karang yang besar yang banyak di sepanjang bibir pantainya, akan sangat indah jika ditemani sunset sore harinya.
Kultur dan Kepercayaan

Seperti halnya masyarakat perdesaan yang memiliki tradisi mengucap syukur setelah panen, di Pantai Wediombo ini juga terdapat…

Pantai Watu Karang Krakal, Find Your Surfing Spot

Pantai Krakal merupakan pantai yang merupakan satu deret wilayah pantai di Gunungkidul. Kata "krakal" diambil dari bahasa daerah setempat (kalau di daerah saya) krakal berarti batu batuan yang besar seperti karang yang berda di laut yang biasanya bertekstur lancip. Nah asala mula dinamai Pantai Krakal ini tentu karena tekstur pantainya yang banyak sekali terdapat bebeatuan (krakal) di daerah sini.

Layaknya di Pantai Kukup, pantai krakal memiliki beberapa Plau yang dapat disinggahi untuk melihat pemandangan pantai yang cukup bagus. Dari sini jika melihat ke arah timur akan bisa dilihat deretan pantai-pantai di Gunungkidul ini.

Askes dan Lokasi

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul. Dari Yogyakarta pantai ini berjarak 65 km dan bisa ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Satu deret dengan Pantai Di Gunungkidul melalui POS Gardu Restribusi.

Langsung saja Check Krakal on Frame :


Menurut beberapa sumber postingan di artikel lain, ada yang mengatakan b…

Drini Nan Cantik, Pulau Karang dan Pantai itu Bernama Drini

Nama Drini sebenarnya diambil dari Pulau Karang yang terpisahkan sungai kecil yang mengalir diantara bibir pantai dan Pulau ini. Pantai Drini ini bisa dibilang cantik, karen pantainya memang sangat bagus, tak terlalu luas tapi cukup membuat lelahjika menyusurina. Pemandangan dari atas Pulau Drini ini pun sangat bagus. Makanya tak berlebihan jika saya menyebutnya dengan kata-kata, "Drini yang Cantik".

Lokasi dan Akses

Pantai Drini ini merupakan pantai yang letaknya sederet dengan pantai Kukup yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya (Lihat potingan Pantai Kukup). Terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Dari Pantai Kukup kita berjalan lurus beberapa ratus meter ke timur lagi kemudian bertemulah dengan Pantai Drini ini. Tak perlu takut terlewat, Plakat penunjuk jalannya sangatlah jelas. Nah, jika akses dari kota Jogja jaraknya sekitar 60 km atau dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam tergantung kondisi jalan (ramai atau sepi). Atau dari kota Wonosari, l…

Tanah Lotnya Gunungkidul, Pulau Jumino Pantai Kukup

Pantai Kukup, beberapa orang menyebutnya Tanah Lotnya Jogja. Kalau saya sih cenderung lebih seneng bilang Tanah Lotnya Gunungkidul (Ya karena saya sedang membahas Pantai Gunungkidul, biar nyambung aja). Seperti Tanah Lotnya Jawa Timur yangdipegang Pantai Balekambang yang berada di kota Malang, Jawa Timur beberapa juga menyebutnya Tanah Lotnya Malang, Jadi pada bahasan ini kita sebut Tanah Lotnya Gunungkidul, atau Tanah Lotnya jogja deh gak papa, whatever you want. :)


Bicara Tanah Lot identik dengan pulau kecil ditengah laut yang tak jauh dari bibir pantai. Selaras dengan di Pantai Kukup ini. Terdapat sebuah Pulau yang berada agak di tengah laut tetapi tak jauh dari bibir pantai. Dihubungkan dengan sebuah jembatan sehingga mirip sekali dengna Tanah Lot yang ada di Bali. Pulau inilah yang disebut Pulau Jumino. Sebuah Pulau karang yang menjadi sot keren untuk melihat pantai juga sunset. Tempat yang nyaman juga untuk beristirahat dan duduk santai menikmati pantai, angin beserta ombaknya.

Ngomongin Pantai, Gunungkidul Juaranya

Menelisik ke judul postingan kali ini, tentu jadi bahasan yang menarik. Kata "juara" bisa diartikan surganya pantai atau juga bisa diartikan yang paling keren, pokoknya yang ter-bla bla bla. Ditambah lagi masih sedikit yang menjamahnya, jadi masih alami dan semoga tetap terjaga. Itu menurut kagung13. Hehehehe.. Yah kalau dibandingin sama pantai-pantai eksotik yang udah duluan terkenal, emang mungkin agak kalah pamor, tapi bicara soal pamor, gak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan, wisata pantai akan pindah ke Gunungkidul, bukan cuma Pantai Kuta yang terkenal di Bali dan pantai-pantai lainnya di seluruh Indonesia.

Bicara kuaitas, pantai di Gunungkidul gak kalah keren, gak kalah nyaman buat menikmati angin dan air, dan gak kalah ngehitz buat para pengincar foto. Ditambah lagi kalau bicara kuantitas, pantai di sini ada banya, bisa sampai puluhan. Jadi kita bisa mengunakan frame yang berbeda beda tetapi masih dalam satu tema yaitu pantai dalam sekali jalan.

Pantai di Gu…

Review Pre-Launching Surabaya North Quay

Surabaya North Quay, akhirnya tak perlu jauh-jauh nongkrong ke Foot Juction atau Food Festival buat menikmati meriahnya makanan stand UMKM dan suasana nongkrong yang nyaman. Disini, beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan Pre-launcing Surabaya North Quay (SNQ).

Ya berlokasi di kawasan Terminal Penumpang Gapura Surya Perak, hanya beberapa menit dari kediaman sementara saya, dan sangat mudah ditempuh menggunakan kendaraan apapun. Bersepeda misalnya, sambil menikmati jalan lurus dengan konstruksi jalan khas menuju pelabuhan. Tapi tetap berhati-hati dengan gangguan kendaraan besar truck trailler pengangkut barang.

Balik lagi ke review Pre-Launcing SNQ, dilaksanakan 27 - 29 Februari 2016 lalu, selama 3 hari wisata baru ini dibuka untuk umum dan di akhir pre-launcingnya yaitu hari Senin, 29 Februari 2016, bersandar Kapal Pesiar Rotterdam. Sebuah kapal pesiar yang membawa turis-turis mancanegara dan singgah di pelabuhan Surabaya untuk mengantarkan turis - turis mancanegara mengunjungi wi…

Ijen Crater - Tour De Ijen Bab II, Tracking

Previous Page --> Ijen Crater - Tour De Ijen Bab I, Opening


Tracking dimulai dengan melakukan foto keluarga terlebih dahulu. Di depan POS Perijinan Paltuding. Memulai perjalanan dengan membeli tiket plus bayar parkir. Kemudian menuju pintu masuk untuk pengecekan, selanjutnya tracking dimulai. FYI, untuk tiket masuk ini berbeda untuk weekday dan weekend. Kalau tak salah sekitar Rp 7.500 untuk weekend dan Rp 5.000 untuk weekday. Sedangkan harga yang berbeda diterapkan untuk wisatawan mancanegara. Nah disini juga disediakan penginapan dengan tarif Rp 100.000 - Rp 150.000 atu alternatif lain mendirikan tenda di camping ground base camp dengan juga membayar Rp 15.000
Oke, Let's Track. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa jarak tempuh tracking sekitar 3 km atau dapat ditempuh 2 jam perjalanan santai, 1,5 jam perjalan ngebut, dan 3 jam perjalanan siput (nyantai abis-abisan). 2 jam perjalanan santai diselingi foto-foto kami lalui. Sampai di Sport keren pertama yaitu ini (Lupa n…

Ijen Crater - Tour De Ijen Bab I, Opening

Loc : Setelah POS III menuju Paltuding.Tour De Ijen - Delta Force Team Mechanic.Seany Youngky, Agung Pamungkas, Alan Satria Baja Hitam, Bastian Koboi Junior Kw X, Aa' Rozaki featuring Fitri.
First time sejak keinginan yang mengebu-gebu beberapa bulan terakhir, nyari open trip sana sini dan akhirnya gak perlu ikut open trip, karena akhirya kami juga yang membuka trip kami sendiri. Yah, setelah Bromo setahun yang lalu, giliran temennya yang saya tengok, Ijen, Ijen Crater/Kawah Ijen. Maksud dari temenya itu gini,

Menurut saya, Bromo dan Ijen memiliki beberapa kemiripan. Sama-sama disebut gunung, tetapi tak perlulah mendaki sekeras mendaki gunung-gunung lain seperti Merapi, Merbabu, Lawu, dan sebagainya. Yah, walaupun benar menuju ke kawah Ijen ini harus trecking sekitar 3 km, tetapi akses jalannya cukup, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Jalan yang lebar, ramai (baik pengunjung ataupun penambang). Nah disini juga banyak banget ditemui turis-turis mancanegara lho, apalagi kalau week…