Sunday, March 19, 2017

Nebeng Trip Family Gathering, TPS Goes To Bali

For the first time, saya menginjakan kaki di Pulau Bali, yaitu di aspal Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Berbekal nimbrung acara Family Gathering PT. Terminal Petikemas Surabaya, saya bersyukur sekali banyak hal yang unpredictable menjelang menit-menit akhir keberangkatan dan akhirnya mengubah seluruh rencana buta trip ke Bali ini. But, overall it's awesome. Oke let's start from Juanda International Airport, Surabaya.

Jumat, 10 Maret 2017 pukul 05.00 WIB absen pulang dari kantor yang langsung prepare untuk menuju Bandra. Sampai di Bandara sekitar pukul 07.30 WIB yang sudah beberapa siap untuk flight jam 10.00 WIB (pagi amat yah. hehehe). Penerbangan dengan Lion Air JT - 922 dan yang lucunya saya malah tidur di pesawat sejak sesaat setelah lampu tanda sabuk pengaman dapat dilepas sampai berada di atas bandara Ngurah Rai, sesaat sebelum landing. Hahaha, sempet sedikit liat indahnya Bali dari atas, tapi sayang pas gak didekat jendela jadi gak begitu maksimal ngelihat viewnya.

Sampai di Ngurah Rai, Bali sekitar pukul 12.15 WITA, dan langsung otw menuju Hotel (Haris Riverview Kuta). Nah disini acara dimulai setelah selesai istirahat sekitar pukul 16:00 WITA dengan rundown yang ayok kita liat sampai last day!

Day 1 (Jimbaran Beach)

Temanya sih Sunset Dinner di Avatar Cafe Jimbaran. Jadi kita itu dinner di pantai dengan view sunset. Menunya juga mewah banget, suasananya adem, asik, romantis lah buat manten anyar, syahdu juga buat ngabisin waktu sama keluarga, dan yah gitu-gitu aja buat yang bujang. Hahaha. Tapi overall keren viewnya, makannya lezat, suasananya ciamik, recomended banget lah buat honeymoon atau acara keluarga, dengan budget yang besar juga tentunya. Hehehe.

Foto diambil dari Group jepretan saudara @sampambudi Trip 3 Family Gathering PT. Terminal Petikemas Surabaya 2017.

Jadi acara selesai jam pukul 20.00 WITA, langsung kembali ke hotel kemudian istirahat. Free program juga buat yang mau menikmati Bali di malam hari.

Day 1 (Kuta Beach, Nihgt in Bali)


Nah ini acara yang mentang dari acara intinya. Jadi jadwal acaranya udah berhenti di pukul 20:00 WITA, tapi dipersilahkan untuk yang mau jalan-jalan di Bali malam hari. Kebetulan Hotel deket dengan pantai Kuta, ya coba lah kita bujang-bujang main ke sana, sambil nyusuri Jalan Legian, yang pada tahu kan sama Hard Rock Cafe. Liat doang kagak masuk. :)

Day 2 (Tanah Lot Beach)


Start dari Hotel pukul 10.00 WITA, perjalanan 1 jam dengan patwal yang kemudian sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WITA. Nah disini ada beberapa lokasi yang menarik diantaranya Pura Batu Bolong, lokasi pantai, Pulau dimana terdapat Air Suci, dan Gua tempat tinggal Ular Suci yang disucikan oleh masyarakat setempat. Ada juga spot rumput hijau yang bisa buat tidur-tiduran dan ngobrol asik keluarga. Bangunan-bangunan khas Bali seperti Pura dan lainnya juga banyak ada di sini.


Day 2 (Pandawa Beach)

Next destination kita ke Pantai Pandawa, lumayan jauh juga perjalanannya sehingga kita bisa istirahat tidur-tiduran di bus. Sampai lokasi sekitar 14.30 atau 15.00 WITA gitu saya lupa. Yang menarik disini menurut saya kita disambut patung tokoh Pandawa sebelum masuk ke lokasi pantai, pantainya sih bagus lah, asik juga kalo buat main air, kalo saya lebih suka jepret-jepret mengabadikan momen.

Day 2 (Garuda Wisnu Kencana Culture Park)

Dari seluruh destinasi, disini yang membuat saya berkesan. Tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WITA, disini dijadiin tempat photo sesion rombongan. Lokasi bukit kapur dengan ukiran patung dan ornamen yang keren banget. Start from Lotus Pond, Next Plasa Garuda, lanjut Plasa Wisnu. View paling bagus tuh di sini, Plasa Wisnu, kita bisa lihat mana-mana dari sini. Benoa, Ngurahrai, Laut, pantai, kota, jalanan, tol laut, kelihatan semua disini.


Nah yang gak kalah seru pagelaran tari kecak waktu itu yang kalo gak salah ngambil cerita gimana Garuda itu bisa jadi tunggangannya Wisnu, gitu sih dari yang saya baca dari pementasan. Diiringi juga taari-tarian sama sedikit guyonan para pemainnya, overall keren kagak abis-abis, terakhir ditutup dengan pertunjukan api yang sedikit membuat jantung berdetak lebih kencang seperti genderang mau perang. :)


Terakhir kita makan di Jendela Resto, letaknya di samping, searea dengan lotus pond, nah disini view nya juga bagus, bisa lihat mana-mana juga, apalagi pas acara makan malam, disuguhi juga tarian khas bali sama pemandangan kota malam hari dari ketingian. Asoy lah.

Udah gitu aja hari keduanya, sayang banget karena capek dan kurang enak badan, saya jadi gak bisa eksplore bali malam kedua, alhasil sedikit kecewa tapi ya harus ikhlas. ;)

Day 3 (Monumen Bom Bali I)


Nah ini sedikit penggalan cerita dimana saya terbangun pagi pas pukul 04.30 WITA, saya segera bangun mandi dan gak ngerti pokonya pingin jalan aja keliling-keliling gitu karena acaranya juga free, saya berjalan ke arah pantai Kuta (lagi) sambil iseng-iseng cari udara segar, nah saya mampir sebentar di monumen ini. Pada inget kan kasus Bom Bali 12 Oktober 2002, ini monumenya. Udah kusam sih tapi kagak ngerti pas lewat disini hawanya sedikit gimana gitu, tiba-tiba terpikir flashback ke 15 tahun silam andi saya ada di sini, sambil mengamati satu persatu nama korban. Moment of Silent.


Sempet mampir juga di pantai Kuta (lagi) di pagi hari saat itu sekita pukul 07.00 WITA, suasananya asik banget, anginnya, airnya, orang-orangnya. Gak rame-rame amat,satu dua orang yang jogging di pantai, sepedaan juga, kalo saya sih cuma duduk ngeliatin orang-orang sambil sesekali liat ada pesawat yang take off dari bandara Ngurah Rai. Lanjut balik ke hotel.


Day 3 (Free Program)

Namanya juga fre program. Udah kebaca yang saya lakuin ya males-malesan. Jadwal checout pukul 12.00 WITA, saya baru ngumpulin bagasi jam 11.00 WITA, sisanya yah sarapan dengan porsi menggila, main air di kolam renang hotel yang airnya nyaman banget, kagak dingin, kagak panas juga. Pas dan sueger banget, apalagi pagi, suasananya pas.

Day 3 (Joger dan Khrisna Pusat Oleh-oleh)

Di Krisna kita mampir makan, sama belanja. Karena belanja itu butuh skill dan saya kurang paham sama skill belanja, akhirnya yawis muter-muter aja di sini sambil liat orrang-orang pada belanja. Sibuk aja muter ngawasin orang-orang, bercanda-canda juga, dan terakhir goes to Joger. Karena kagak boleh ada bus besar yang parkir di area joger, maka dari krisna kita naik angkot PP Rp 20.000 ke Joger. Joger yah pada tahu sendiri kan tempat oleh-oleh dan kaos kata-kata. Sampai akhirnya menghabiskan waktu hingga pukul 17.00 WITA, cuz otw Bandar Ngurah Rai.

Day 3 (Go Home)

Pesawat kami Lion Air (JT - 919) keberangkatan pukul 20.00 WITA. Sedangkan pukul 17.30 WITA kita sudah samapi bandara disertai hujan ringan yang katanya baru terjadi di Bali setelah beberapa minggu. Ada keasikan tersendiri nunggu di Bandara, gak kerasa bosen sih, tapi juga pinginya cepet-cepet naik pesawat terus pulang. Sekitar pukul 19.45 seluruh penumpang mulai memasuki pesawat, lha kok ya ternyata setelah semua masuk, pesawat delay sekitar 30 menit karena infonya gak dapet slot parkir di Bandara Juanda. Gak lama sih karena di dalam pesawat sambil nunggu yah ada aja yang dikerjain, jadi gak kerasa pesawat mulai begerak. Dan iyanya lagi saya kembali tidur mulai dari pesawat take off sampai tahu-tahu terbangun karena kerasa roda pesawat sudah bersentuhan dengan aspal Bandara Juanda. Lha kok ndelalah hujan disana. Saya berfikir pasti tadi di atas juga glodakan paling pesawatnya karena hujan. Hahahaha.

Oke, alhamdulillah sampai di Surabaya dengan selamat. Selesai liburan kita, Terima Kasih buat PT. Terminal Petikemas Surabaya yang udah ngasih liburan asyik ke Bali dan kesempatan gabung ikut ngurusin orang-orang. Selamat Ulang Tahun yang ke 18, Semoga semakin jaya dan berkah ke depannya. Great Family Great Company. :)


Share:

Thursday, March 2, 2017

Resolusi, Terlambat Boleh, Gak Sama Sekali Jangan.

Kok ya resolusi gitu lho, kayak kagak ada bahasan lain. Udah telat pula. Hahahaha.

Lumayan lama setelah terakhir kali postingan di blog ini muncul, rasanya berat juga ngumpulin niat buat nulis lagi. Setelah sempat terseok-seok dengan beberapa hal yang bisa dibilang kagak penting, tapi emang kadang kemauan itu muncul seketika, "mak bedunduk", tiba-tiba gitu aja.

Masih gamang mau nulis apa di postingan kedua tahun 2017, dan yang pertama tentang hal baru tahun ini. Mungkin sedikit bahas resolusi aja yang biasa dibilang telat banget buat ngomongin resolusi, secara sekarang udah bulan Maret 2016 dan 2 bulan kemaren, ngapain aja? :)

Ya itu dia, kagak ngapa-ngapain itu point yang bisa dibilang sia-sia banget. Sebenernya ngapa-ngapain sih, cuma lebih enggak ter-ekspose aja. Biar lebih secreat gitu lah. Hhahaha. Jadi beberapa bulan lalu di awal tahun ini, jadi bulan yang sulit buat saya untuk benar-benar move dari semuanya. Alhamdulillah setelah bisa sedikit berada di zona nyaman yang baru, saya coba lagi dengan tantangan yang baru lagi.

Melanjutkan studi adalah cita-cita terbesar saya sampai saat ini, Nah disini dilema dimulai. Saya inget banget saat posisi MOM, saat itu ada seorang Profesor yang menyampaikan ke semua yang hadir kurang lebih seperti ini, "Di era sekarang ini, banggalah dengan almamater Anda, tanpa melihat status negeri atau swasta, karena sejatinya menjadi Mahasiswa adalah bagaimana nantinya kita harus bisa bermanfaat untuk masyarakat, maka dari itu jadilah organik, dan bisa membaur dimanapun". Salah satu pemicu semangat buat sadar bahwa pendidikan itu penting bukan buat saya saja tetapi untuk masyarakat sekitar, untuk orang lain, minimal keluarga besar dan keluarga kecil saya.

Sedangkan menginjak 24 tahun bukan umur yang main-main lagi. Seharusnya udah mikir nikah sih tapi kok ya yang mau diajak nikah itu lho siapa? Hehehehe.. Planing cantik yang sering ketulis kalo maksimal di angka 26 udah bisa tinggal serumah sama yang disebut "istri" terpaksa ngambang. Nah kalo ngelanjutin studi dari D3 ke S1 paling cepet sih 2 tahun lagi, itu kalo lancar. Mepet kan? Nah kalo kejadian 3 tahun? Karena niatnya sih gak buru-buru di tempat yang baru. Sebenernya ada opsi lain, nikahnya saat masih kuliah, dan kerja juga. Sebenernya ide bagus sih, tapi balik lagi ke pertanyaam, sama siapa? Hahahaaha.

Tentang ngelanjutin studi, banyak yang dipikirin juga tentang jurusan yang kemudian diambil, gimana nanti kedepannya, ada mahasiswanya apa enggak, akreditasinya gimana, dan bla bla bla lain sebagainya. Tapi gak tahu lah pada akhirnya udah tercetus gitu aja bahwa ngambil keputusan sebenernya simple aja, ambil, jalani, yang jangan liat kebelakang. Udah,kita yang berusaha biar Allah yang ngurus hasilnya.

Harapanya sih semua lancar-lancar aja sambil nunggu (sembari usaha) yang mau diajak serumah itu tadi. Hahaha. Nulisnya juga semoga makin lancar, blognya makin banyak yang baca dan menginspirasi. Semoga aja sih dengan banyak jatuh bangun, banyak support juga yang masuk bisa jadi dorongan positif buat saya. Terima kasih juga sama semua yang tetep dukung sampai sekarang, terima kasih juga pergi di tengah jalan, dan terima kasih juga buat yang akan datang di masa depan nanti. Dan Alhamdulillah syukur sama Allah atas semua yang terjadi. 

Memilih pergi bukan hal yang mudah dijalani, kayak di banyak film yang pernah saya lihat, saya tahu betul kenapa obito milih jalan itu, kenapa sasuke milih pergi nyari kekuatan yang besar. Saya tahu betul kenapa seorang Alexander Supertramp memilih menuju ke alam liar setelah melihat film nya, saya juga tahu bagaimana susahnya Cheryl Strayed move dari kehidupannya yang kacau balau tapi akhirnya syahdu banget kan diakhirnya. Dan lagi perjuangan dari seorang Aron Raltson yang kagak menyerah untuk bertahan hidup walaupun pada akhirnya dia harus kehilangan salah satu lengannya. Dan bahkan dia kemudia menjalani kehidupannya dengan lebih hebat. Dan gak kalah istimewa seorang Nick Vujicic yang semua pasti tahu lah. Saya tahu betul karena saya terbentuk dari hal-hal menyakitkan juga, tidak melulu dengan hal-hal menyenangkan. "Pain makes people change", Pilihanmu berubah jadi baik atau buruk.:)

Jadi udah kebaca kan gimana resolusi untuk tahun 2017 ini? Hahahaha, jangan baper, itu mah cuma setingan buat yang baca jadi terharu. Hahahaha, pencitraan sedikit boleh lah. Jangan dianggap serius, asikin aja. Karena saya sadar bahwa saya gak akan bisa buat golonga Pro dan Kontra buat nyatuin pandangannya tentang saya. Yang Pro, biarlah pro, yang kontra biarlah kontra. Saya berterima kasih kepada semua yang sudah nyempetin baja. :)

Jangan lupa resolusi kalian juga ya, jangan jadi sekedar resolusi. Jangan lupa juga, nikah! Hahahaha..

Share:

Tuesday, January 3, 2017

Bromo, Jatuh Cinta Tak Pernah Salah


Senin, 19 Desember 2016. Bromo (again) dengan cerita yang lain, jalur yang lain, orang yang lain, teman yang lain, gear yang lain, dan pengalaman yang lain. Tetap dengan Blade (sepeda motor saya) yang sama. Lebih dari setahun setelah Bromo pertama kali saya datangi, dimana saya juga nulis artikelnya dengan judul , "Bromo Meeen!", benar kata orang kalau jatuh cinta itu kagak pernah salah. Kesampaian juga menginjakan kaki disini dengan banyak sekali hal yang berbeda yang saya bawa, begitu pun Bromo, terlihat lebih cantik dan menawan saat itu.

Kita mulai dari Surabaya dengan segala kebiasaan ngaret yang belum bisa lepas, start dimulai pukul 16:00. Belum satu jam berjalan hujan sudah mengguyur begitu derasnya saat kami sampai di Porong, Sidoharjo. Dengan mantol lengkap kami terobos hujan hingga sampai di daerah Pasuruhan sekitar pukul 18:30. Disinilah dilema dimulai saat kami memilih jalur perjalanan antara melalui Paserpan atau Probolinggo. Dengan pertimbangan keamanan kami pilih jalur Probolinggo yang memakan waktu tempuh lebih jauh dibanding melalui Paserpan tetapi dengan akses jalur yang tidak terlalu menanjak dan Insya Allah aman di malam hari, walaupun terbilang cukup sepi dan harus tetap waspada. FYI : Jalur Paserpan, Pasuruhan ini lebih menanjak dan berliku, terkenal rawan begal di malam hari, demi keselamatan jangan lewat jalur ini jika tak ada rombongan ditambah malam hari. Jika rombongan yang lumayan besar, lanjut laaaah.

Jalur Bromo via Paserpan, Pasuruhan byGoogle Maps

Jalur Bromo via Probolinggo byGoogle Maps

Oke sampailah di sebuah penginaman Moronyoto (Beralamatkan Jl. Raya Bromo, 1 jam an sebelum desa Sukapura yaitu kawasan TNBTS). Ditengah diskusi istirahat atau lanjut perjalanan, kami bertemu sepasang backpaker yang asik banget (Mas Heru dan Mbah Heru) yang akhirnya bersama kami memutuskan menuju desa Sukapura dan bermalam di sebuah Homestay 5 menit sebelum pintu masuk kawasan TNBTS via Probolinggo. Saat itu pukul 22:30 (perjalanan lana karena banyak berhenti untuk tanbal ban, milih jalur, diskusi lokasi, dan lain sebagainya, jadi santaiiii aja bro).

Hari berganti saat itu pukul 04:45 Selasa 20 Desember 2016. Karena kecapekan kami merelakan Sunrise cantiknya Bromo (alias kesiangan). Kami start lagi menuju kawasan bromo pukul 05:30. Mulai dari sini eksplore Bromo kami dimulai. Habiskan wiiiis.

Kawah Bromo


Kawah Bromo mempunyai garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat), sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Tersedia tangga dari beton untuk akses ke kawah. Dari puncak tampak kawah Bromo yang menganga lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya yang menandakan gunung ini masih aktif. Jangan lupa putar badan ada pemandangan ciamik di belakang.

Pura Luhur Poten Bromo



Ini nih istimewa dan uniknya Bromo, selain mempersembahkan keindahan alamnya, bromo juga mempersembahkan keindahan dan keluhuran budaya masyarakat sekitarnya yaitu Suku Tengger. Masyarakat Tengger tidak bisa di pisahkan dari Gunung Bromo dan Yadnya Kasada. Bagi masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo dan Pura Luhur Poten menjadi tempat yang suci dan penting baik dalam keseharian maupun dalam perayaan keagamaan sebagai tempat berlangsungnya upacara Kasada.

Lautan Pasir Bromo



Lautan pasir Bromo luasnya mencapai 5,920 hektar (sekitar 10 km persegi) membentang mengelilingi Gunung Bromo, Gunung Batok , Gunung Widodaren, Gunung Kursi dan Gunung Watangan, berada pada ketinggian 2100 m dpl. Di lautan pasir ini ditemukan 7 pusat letusan dalam dua jalur yang saling silang menyilang dari timur-barat dan timur laut – barat daya. Struktur pasirnya sangat halus, berwarna hitam, tidak banyak vegetasi yang tumbuh di Lautan Pasir, kebanyakan berupa rerumputan dan perdu.

Gunung Bathok



Yang sering banget jadi background foto tapi juga sering terlupakan. Gunung Bathok. Pertama kali saya kesini Gunung inilah yang saya kira bromo, ternyata salah total. Dengan ketinggian 2440 meter, lebih tinggi sedikit dari Bromo, ternyata Gunung ini bisa didaki lho. Nah hanya saja menurut info jalurnya cukup ekstrim dan kudu ekstra hati-hati. Jarak tempuh sekitar 1 jam tapi belum jelas juga saya jalurnya dimulai darimana, karena belum pernah summit. Ada baiknya ditanyakan dengan warga sekitar juga usahakan dengan guide (mengjak warga sekitar) karena melihat tekstur gunungnya, jalurnya terlihat ekstrim.

Savana Bromo


Hamparan padang rumput yang hijau dan bukit yang berjajar jajar indah sekali di tumbuhi rerumputan yang menyelimuti perbukitan itu sangat menyejukan mata. Penampakan Bukit Teletubbies di sertai padang savana dibawahnya membuat lokasi ini sering jadi tujuan penting bagi para pengunjung untuk berfoto. Disini spot paling ciamik buat foto-foto. Jika menuju Bromo melalui jalur Malang, spot pertama yaang akan disuguhkan ya ini, Savana Brom dimana terdapat Bukit Teletubies yang sebenarnya asik juga buat menikmati Sunrise, menurut beberapa orang sih.

Terakhir kami balik pukul 11;00, istirahat di homestay dan checkout pukul 12:30 dan langsung menuju Surabaya melalui jalur yang searah dengan Madakaripura. Tetapi tidak mampir Madakaripura dengan beberapa pertimbangan. Mungkin next time. Aamiin.

Sekedar info buat yang masih binggung kayak saya pas dateng kedua kalinya disini, Saran sedikit, kalo mau lihat Sunrise di Bromo ada baiknya lewat Paserpan, Pasuruhan karena langsung bisa menuju Penanjakan 1, spot terbaik Sunrise di Bromo. Kalau lewat Probolinggo jalurnya harus turun dulu ke lautan pasir, baru naik lagi ke penanjakan dengan rute yang saya bilang cukup ekstrim lah naiknya. Tapi kelebihan lewat jalur probolinggo ini gak terlalu nanjak dan aman di malam hari (pokok jangan terlalu malam), cocok banget yang niatnya pingin eksplore bromo doang. Tapi menurut saya ada juga sport Sunrise di sini cuma gak terlalu tinggi aja. Sedangkan untuk daerah Paserpan, Pasuruhan jalannya lebih nanjak dan berliku juga rawan begal, tetapi bisa langsung ke Penanjakan. Disini juga ada kok penginapannya. Jadi bisa berangkat pagi atau siang trus nginep dulu disini, paginya baru cus lihat Sunrise. So tinggal pilih aja sesuai waktu, rombongan, dan tujuan ke Bromonya.

Satu lagi jalur yang lewat Malang yang belum pernah saya coba, Mungkin Next time lah. Aamiin.

Jalur Bromo Via Lawang, Malang by Google Maps

Team Perjalanan kali ini :

Kunia Agung Pamungkas

Prasetya Jaka Anggara

Thanks To : Mas Heru yang bekerja di Taman Nasional Baluran dan Istri yang udah jadi teman perjalanan yang asik banget. Semoga next time bisa mengujungi Baluran dan ketemu lagi, ngobrol lagi, sharing ilmu lagi.

Share:

Wednesday, November 23, 2016

Indonesia Invisible Money untuk Smart Money Wave (Gerakan Nasional Non Tunai)


E-Commerce merupakan salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi dan internet. Bagaimana tidak, di Indonesia pada tahun 2013 saja menurut data statistik dari Menkominfo, menyebukan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai 130 triliun rupiah.
Ini merupakan angka yang sangat fantastis mengingat bahwa hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja secara online, ini berdasarkan data dari McKinsey. Dibandingkan dengan China yang sudah mencapai 30%, Indonesia memang masih tertinggal jauh, tapi perlu anda ingat bahwa jumlah ini akan terus naik seiring dengan bertumbuhnya penggunaan smartphone, penetrasi internet di Indonesia, penggunaan kartu debit dan kredit, dan tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja secara online. Jika kita melihat Indonesia sebagai Negara kepulauan yang sangat luas, e-commerce adalah pasar yang berpotensi tumbuh sangat besar di Indonesia.
Dikutip dari :  https://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/
Itu kutipan artikel di tahun 2013, 3 tahun yang lalu ketika bisnis e-commerce masil mulai menggeliat. Bandingkan dengan sekarang, transaksi online dimana-mana, bisnis online shop misalnya, bukan lagi hal yang sulit baik bagi penjual dan pembeli. Semuanya merupakan proses transaksi keuangan yang tentu saja menggunakan uang asli yang diakui di Indonesia ini, yaitu rupiah. Lalu dimana mereka melakukan pertukaran uang dan barang seperti kita tahu jual beli adalah proses tukar menukar barang dengan mata uang yang berlaku di suatu wilayah. Berbeda dengan barter, pertukaran antara barang dan barang.

Jawabannya adalah ini, GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). Lalu, apa hubungannya?


GERAKAN NASIONAL NON TUNAI (GNNT)


GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) atau Smart Money Wave bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis, serta lembaga keuangan pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan agar lebih mudah, aman, dan efisien. Beberapa transaksi non tunai yang bisa ditemukan diantaranya adalah:
Transaksi melalui internet banking.
SMS banking
Mobile banking
Automated teller machine (ATM)
Kartu kredit & kartu debet
Transaksi melalui Mesin EDC
Program ini dicetuskan oleh Bank Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2014 lalu. Pengadaan perencanaan ini telah ditandatangani oleh Bank Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, pemerintah daerah, dan asosiasi pemerintahan provinsi seluruh Indonesia sebagai komitmen untuk mendukung kemajuan transaksi non tunai di Indonesia. Pemerintah melalui Menko Perekonomian waktu itu juga memberikan sambutan yang salah satu butir isinya yaitu, "Ciri negara maju adalah terbatasnya penggunaan uang tunai dalam transaksi sehari-hari (Less Cash Society)."

Jadi dalam sebuah kasus online shop misalnya, merupakan salah satu contoh sistem yang mendukung adanya GNNT ini, yaitu melakukan pembayaran transaksi jual beli secara online bisa melalui internet banking, transaksi atm, m-bangking atau sms banking, tergantung mana yang akan kita pilih. Barangnya sih datang, secara real, tapi pembayarannya yang bisa kita sebut invisible.

Selanjutnya Invisible Money, Indonesia Invisible Money.


Invisible berarti tak terlihat, sederhananya Invisible Money adalah uang tak terlihat. Kembali lagi ke GNNT dan ilustrasi sederhana diatas. Transaksi ini sesuai ketentuan, barangnya ada, uangnya juga ada. Barangnya real datang ke pembeli, sedangkan uangnya, ada juga, hanya tak terlihat. Si pembeli melakukan transaksi non tunai entah melalui internet banking, transaksi atm, m-bangking atau sms banking yang mengirimkan uang ke Si penjual. Nah uang dalam kasus inilah yang disebut Invisible Money.

Invisible Money hanyalah kata lain untuk menggambarkan sebuah transaksi non tunai. Kenapa harus invisible, kenapa transaksinya harus non tuai? Kenapa tidak berbentuk uang saja, toh BI juga sudah mencetakan uang untuk alat jual beli yang sah?

Pertanyaan tersebut akan menjawab kenapa perlu digencarkannya GNNT itu sendiri. Mengapa BI mencanangkan program GNNT ini.


MANFAAT DAN TUJUAN GERAKAN NASIONAL NON TUNAI (GNNT)

Transaksi Non Tunai Lebih Aman dan Praktis
Aman memiliki sudut pandang yang berbeda untuk sebagian orang, Untuk kasus transaksi non tunai, bisa dibilang lebih aman karena uang itu sendiri tak terlihat sehingga jauh dari incara para penjahat. Bayangkan jika uang yang kita transaksikan bernilai puluhan juta, melalui transaksi non tunai, transfer melalui atm misalnya kita tak perlu membawa uang puluhan juta secara cash ke tujuan. Hal itu tentu mengurangi resiko tindak kejahatan terhadap kita. Dari segi kepraktisan tentu saja untuk mengirimkan uang puluhan juta kita hanya perlu membawa satu kartu debit kecil saja, tidak memakan tempat, dan jauh dari jangkauan intaian kriminal. Lebih praktis bukan.

Transparasi Transaksi
Melalui transaksi non tunai, segala bentuk transaksi uang akan dicatan oleh sistem yang digunakan, terpantau dengan baik dan rapi. Hal ini menjadikan transaksi non tunai lebih transparan dan dapat di kroscek data kebenarannya melalui sistem. Pihak-pihak yang bersangkutan hanya perlu memastikan sistem berjalan dengan biak dan benar. Berbeda dengan transaksi tunai. Transaksi ini syarat akan kecurangan manipulasi. Jadi uang yang kita transaksikan nilainya bisa lebih karena tidak tercatat pada sistem, adapun jika dicatat pada sistem itu dilakukan secara manual setelah uang berpindah tangan.

Perencanaan Ekonomi yang Lebih Akurat
Karena seluruh transaksi dicatat oleh sistem, hal ini secara signifikan akan meningkatkan perencanaan ekonomi yang lebih akurat karena data yang didapat sebagai contoh melalui instrumen kartu kedit dan debit tercatat seluruhnya oleh sistem. Ini akan mengurangi penggunaan uang secara ilegal yang berdampak pada keakuratan transaksi keuangan dan perencanaan ekonomi.

Diprediksi Menghemat Uang Negara
Saat ini GNNT telah mencapai total sekitar 1,2 juta orang yang telah menggunakan transaksi non tunai melalui kartu kredit, kartu ektronik dan sejenisnya. Harapannya pada 2024 sekitar 25 persen dari total jumlah penduduk Indonesia telah familiar dengan transaksi non tunai karena akan menghemat uang negara. Bank Indonesia menyatakan bahwa GNNT diprediksi dapat menghemat anggaran pemerintah dalam mencetak uang kartal dan dengan adanya GNNT maka pertumbuhan uangnya akan semakin melambat sehingga pasti menghemat jumlah uang atau jumlah berapa miliar yang akan dicetak di Peruri. Pertumbuhan uang kartal mencapai sekitar 18 persen jika dibandingkan tahun lalu. Namun kalau tidak ada GNNT mungkin angkanya bisa lebih dari itu. Apabila tidak ada GNNT, kemungkinan pertumbuhan kebutuhan uang kartal akan lebih tinggi dan begitu pula sebaliknya apabila ada GNNT, kemungkinan pertumbuhan kebutuhan uang kartal akan melambat.


OPINI

Meskipun transaksi non tunai memiliki banyak manfaat, namun tingkat kepercayaan pengguna dan masyarakat terhadap transaksi non tunai relatif masih kecil. Kepercayaan masyarakat terhadap transaksi tunai masih lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh masyarakat awam yang menganggap cara semacam ini lebih rumit karena kebiasaan mereka menggunakan transaksi tunai. Maka dari itu sasaran GNNT ini adalah anak muda dengan pemikirannya yang visioner, berfikir kedepan dan pro terhadap perubahan yang membangun sehingga dapat sejalan dengan apa yang negara kita, melalui pemerintah tuju demi kepentingan dan kenyamanan bersama.

Hal lain yang perlu juga menjadi PR besar berkaitan dengan penggunaan dan perkembangan teknologi informasi dan dukunngan sistem serta jaringan yang memadahi. Titik beratnya ada pada sistem dan jaringan. Jangkauan jaringan untuk transaksi non tunai masih perlu di tingkatkan terlebih di daerah pelosok. Sejalan dengan perkembangan smartphone dan teknologi informasi yang selama 2 tahun terakhir ini semakin masif, sosialisasi terhadap gerakan ini pun perlu dilakukan. Kembali lagi dengan sasaran daerah-daerah pelosok yang diiringi dengan pembangunan sistem dan jaringan yang memadahi.


Jadi titik beratnya ada pada pematangan sistem dan jaringan. Lalu diikuti dengan sosialisasi terhadap gerakan ini, melalui media ataupun face to face. Harapannya sesegera mungki program ini dapat segera terealisasi secara merata di Indonesia dimana manfaatnya bisa dirasakan oleh kita semua. Kemudahan, kenyamanan, efisiensi, transparasi, semua yang diharapkan dari sistem ini akan terbangun dan tersusun rapi melalui dukungan masyarakat juga kerja keras pemerintah dan pihak-pihak terkait. Sehingga akan terciptanya Invisible Money, Less Cash Society yang menuju pada Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Share:

Thursday, November 17, 2016

Review OutFest 2016 Surabaya, Find Your Outdoor Gear


Flashback ke 5 hari yang lalu ketika postingan ini di publish, tepatnya 13 November 2016, bertempat di Jatim Expo Surabaya, OutFest 2016 Surabaya memasuki hari terakhir. Setelah digelar mulai tanggal 10 November 2016, acara akan berakhir pada malam itu pukul 22:00. So, apa sih OutFest 2016 itu sendiri?

OutFest yaitu Outdoor Festival merupakan acara pameran outdoor terbesar di Indonesia yang juga diselenggarakan di Bandung dan Jakarta pada tahun ini. Di Surabaya sendiri, acara diselenggarakan di Jatim Expo Surabaya  (JX International Convention Exhibition, Jalan Ahmad Yani No. 99, Surabaya - Indonesia) mulai dari 10-13 November 2016 mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.  Namanya juga Outdoor Festival, yah semuanya berhubungan dengan kegiatan outdoor, kegiatan lapagan. 


Nah menurut saya disini itu semacam tempat nongkrong atau tempat kumpul segala hal yang berbau kegiatan outdoor yang mencakup banyak hal, jual-beli, seminar, talkshow, wahana outdoor mini, games, quiz, seru-seruan, lucu-lucuan yang semuanya berhubungan dengan kegiatan outdoor. Emang sih yang paling mencolok itu diskon-diskon yang di kasih oleh stand-stand dari brand terkenal yang menjual peralatan outdoor, selain itu banyak juga komunitas yang emang pingin menunjukan eksistensinya di dunia per-outdooran sekaligus nyiapin cindera mata buatan mereka untuk dijual ke pengunjung dan juga ajang silaturohmi dan kumpul-kumpul para penggiat alam di Surabaya dan sekitarnya. Dari sekian banyak stand-stand yang ada, ini nih beberapa yang bisa saya abadikan dalam frame kecil saya dan juga sedikit revie di captionnya. Check it dot.

Avtech

Polygon

Cosmeed

Respiro

REI Adventure

Brica Camera

Merapi Mountain.
Standnya paling hits karena ada parade tenda di sebelah atas ruangan Jatim Expo.

Songa.

Skygrapher. Xiro Drone Indonesia Comunity.
Disini yang mau tanya-tanya tentang drone.

Sapu Gunung Indonesia.

Warkop Pendaki

Gimbal Alas

Sahabat Alam Indonesia

Denali Adventure

Basarnas

Yang paling gede diskonan itu nalgene yang semula harga normalnya untuk produk botol minum multidrink 209.000 bisa kebeli dengan harga 129.000, juga LifeStraw yang juga diskon gede, tapi lupa saya berapa nominalnya. Hehehe..

Nalgene

LifeStraw

Selain Stand Produk dan Komunitas, ada juga wahana mini yang bisa menambah keseruan dan skill kita berkaitan kegiatan outdoor. Dan semuanya bisa kita coba mulai dari yang free hingga yang memasang tarif. 

Archery.
Gelanggang panahan mini. Nah disini kita bisa belajar panahan sekaligus didampingi Coach/Guide dengan IDR 30k.

D'Lempar Pisau.

Panggung Acara TalkShow

Selain itu, OutFest ini gak melulu soal diskonan dan berkumpulnya brand-brand keren peralatan outdoor tetapi banyak banget ilmu dan keseruan yang bisa diambil loh dari acara ini. Contohnya, pas hari terakhirnya ada TalkShow dari Caving Surabaya dan juga Basarnas. Ngobrol Bareng Word Seven Summiter dan Everest Summiter. Udah pasti tuh ilmunya banyak banget buat bekal kita ngelakuin kegiatan outdoor. Jadi kegiatan outdoor semacam traveling itu gak melulu soal jalan-jalan, foto-foto, trus upload di sosmed. Ada ilmunya juga lho. ;) List Acara lengkapnya ini nih : 


Cerita Saya

Nah, sayang banget nih, saya cuma dapet oleh-oleh foto, brosur, cerita, sama sedikit souvenir yang emang saya butuh dan saya beli. Dapet beberapa sticker dan kebelilah salah satu botol minum brand nalgene (ada di salah satu frame film Wild : From Lost To Found, salah satu film favorit). Jatuh cinta banget sama LifeStraw tapi apa daya budget tak sampai. Harus sabar dan ikhlas. hehehehe.. Balik lagi ke kata "sayang", i miss it. Ngobrol bareng word seven summiter dan everesteverest
 summiter kudu diikhlaskan karena waktu menunjukan pukul 14:00, shift III (kerja).

Oleh-oleh OutFest 2016 Surabaya by kagung13

Sedikit review event lalu yang menurut saya sip banget. Semoga bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. Okay, sampai ketemu di Event Outdoor selanjutnya dengan keseruan berbeda dan acara yang lebih meriah dan menambah wawasan tentunya. Salam Lestari.


Share: